May 23, 2011

SUSAH SEKALI JADI ANGKATAN TUA

"Ya Allah, semoga saya cepat lulus, amin" begitu status yang saya pajang di jejaring sosial facebook hari ini. tadi siang. saya cukup kaget sebab banyak yang kasih jempol dan memberi komen amin, amin, atau nimbrung doa, "saya juga". tadinya keheranan saya hampir hilang, hingga saya lihat mama saya juga kasih jempol untuk status saya itu. dan tiba-tiba saat itu entah saya lagi melo atau bagaimana mata saya terasa panas dan saya sedikit lemas, lalu malah muncul keputusasaan yang menyakitkan.


saya akan mencoba menggambarkan posisi saya saat ini. mungkin sebagai seorang perempuan, saya bukan sampel perempuan yang benar. sebab saya bukan termasuk perempuan yang bisa melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu. katanya kan sebab otak laki-laki lebih simpel, mereka hanya bisa mengerjakan dan berkonsentrasi pada satu pekerjaan, sayapun ternyata demikian. sehingga kewajiban skripsi ini benar-benar membuat saya tertekan. jujur saja, saya kesulitan mengembangkan ide tentang tema skripsi yang saya pilih. tadinya saya berpikir bahwa tema ini mudah, tetapi saya lupa kalau saya tidak pernah mendalami tema ini. saya sudah bodoh dari awal.


kegalauan mulai muncul semenjak saya menyusun latar belakang. saya baru berhasil menyelesaikannya selama hampir 1 bulan. dan setelah itupun saya masih stagnan dengan kerangka pemikiran hingga sekarang. saya mungkin bodoh. entah karena terlalu banyak mengkonsumsi msg, atau karena saya kebanyakan tidur, saya merasa otak saya bukannya makin berkembang dan menjadi semakin cerdas, tapi malah semakin menyusut. saya semakin bodo dan blo'on. respon saya semakin lambat begitu juga dengan daya pemahaman. saya pun semakin frustasi dan memilih untuk kembali ke kasur. ya. semakin sering menghabiskan waktu dengan tidur atau tidur-tiduran.


tapi saya juga semakin tertekan dengan pola pelarian saya dari kebodohan. saya merasa penat karena tidak produktif. saya pun mulai mencari kegiatan lain untuk pelarian. termasuk usaha mencari beasiswa, dan kegiatan menjahit atau aktivitas ibu-ibu pkk lainnya. dan ternyata saya menikmatinya. saya menjadi senang berkreasi membuat kerajian yang sangat tidak rapi. yang penting kan saya punya alasan untuk tidak mengerjakan skripsi. kegiatan ini terus berlanjut, berlanjut..


dan sampailah pada titik ini. titik dimana saya muali jenuh. saya menjadi sadar bahwa saya tidak boleh lari lagi. tapi di satu sisi hasrat untuk mengerjakan huruf demi huruf, lembar demi lembar skripsi ini tak kunjung datang. mata saya juga tak pernah mau berkompromi. satu paragraf buku referensi saja sudah cukup membuat saya "pingsan" satu sampai dua jam.


saya semakin gusar dan kecewa dengan keadaan diri saya. saya mem push agar saya bisa segera menyelesaikan bab 1 saja terlebih dahulu. tapi tetap saja semua begitu sulit. apalagi saya sedang memiliki banyak keinginan yang mau tidak mau harus saya penuhi. saya sedang sangat impulsif. begitulah...


tiba-tiba nama mama saya muncul dalam status saya. saya pun mulai berpikir kembali. saya ingin menata data ini. lembaran elektronik ini. agar cepat usai dan mama tak lagi capek menunggu di rumah. menunggu saya pulang membawa surat undangan wisuda.


ah, sulit sekali menjalani kehidupan sebagai angkatan tua....!

May 19, 2011

TIDAK LARI LAGI

kadang berbicara dengan saudara (adek cewe) itu dapat pula menjadi sebuah brainstorming. yah, dia kini satu-satunya yang masih tinggal di rumah bersama ibuku. alhasil dia kini telah menjadi perempuan dewasa yang mungkin lebih dewasa dari aku. aku malu ketika kemarin aku berbincang dengannya dan dia dengan runtut menjelaskan bagaimana keadaan keluarga ini dan mengapa hingga saat ini seharusnya aku masih dalam kelompok manusia-manusia prihatin. 


aku merasa, semakin lama aku semakin menghindari kenyataan.aku menjauhi semua tentang kenyataan yang terjadi pada keluargaku. ini tidak baik,sebab aku kemudian hanya menjadi bangga kepada ibuku karena dia cantik. aku semakin berubah dan menjadi orang-orang yang aku benci. aku mulai menilai semua hal selalu utamanya dari fisik semata. aku mulai menghamburkan banyak uang untuk mempercantik diri padahal biar gimana juga aku memang bukan perempuan cantik dan menarik. tidak seperti adik kelasku SMA yang jadi didekati banyak siswa pria di SMA ku dulu, termasuk pacarku, atau seperti teman baikku yang serumah denganku. juga tidak seperti teman dekatku yang kukenal sejak TK yang sangat pandai dan sukses dalam menggapai satu per satu impiannya. dalam keadaan demikian aku semakin terpuruk. bagaimana tidak? setiap hari aku hanya menghadapi tembok berwarna pink-ungu juga kotak imagi fana yang ada di pojok barat kamarku. yang setiap kali solat serasa aku menyembahnya karena letaknya yang strategis dengan arah kepalaku saat sujud. (jadi merasa membenarkan kata si Melbi soal lagunya Mars Penyembah Berhala).


aku bermasalah mungkin. tapi seperti kata sebuah artikel yang pernah dimuat dalam kompas online, aku ingin menggerutu secara positif. agar kata-kataku tidak membuatku semakin terpuruk lagi. aku telah membuat beberapa agenda dan keinginan yang harus aku wujudkan dalam waktu dekat ini. termasuk apply program internship dan les bahasa inggris. semoga beberapa hal itu bisa terlaksana. aku yakin aku akhirnya akan bisa memulai sesuatu yang besar untuk hidupku.


see it deep in my eyes. aku bukan seseorang yang lemah.

May 11, 2011

MENJAHIT

mungkin semua orang yang mengenal saya tau bahwa saya mahasiswa komunikasi. tapi tidak banyak dari mereka yang kemudian mengerti bahwa akhir-akhir ini membuat sesuatu dengan jarum dan benang menjadi salah satu kegiatan saya untuk mengisi waktu luang.

kegiatan membuat sesuatu dengan jarum dan benang atau secara singkat saya sebut sebagai aktivitas menjahit ini memang belum terlalu lama menjangkiti hari-hari tomboy saya. pada awalnya saya hanya berpikir bahwa saya ingin membuat sesuatu dengan tangan saya sendiri, bukan membeli. ya tentu saja, salah satu motivasinya produk hand made itu selalu mahal. padahal saya tidak suka dengan barang-barang pabrik yang cenderung diproduksi secara massal. nanti banyak kembarannya. lho...lho...adis kok ada banyak?? susah kan? tar pada keliatan cantik semua? (ngaco nih!). 

saya lanjutkan saja. kegiatan menjahit ini selain termotivasi karena saya yang pengen irit, juga karena saya merasa ada panggilan alam yang mengatakan bahwa saya harus menjahit. saya tiba-tiba merasa mampu untuk menjahit dan membuat sesuatu dari kegiatan itu. akhirnya, saya beranikan diri untuk memulai. membuat sesuatu dengan alat-alat yang sederhana. seperti telah saya utarakan di posting sebelumnya. yang ada tas siput itu lho...


nah, disini saya pengen pamer saja. beberapa peralatan yang telah membantu saya berkreasi akhir-akhir ini. dan beberapa karya yang saya hasilkan. walau kerjaannya tidak rapi, bahkan bisa dikata jelek, tapi saya sudah sungguh-sungguh membuatnya. dan tentu barang itu menjadi satu-satunya di dunia. besok kalo sudah agak longgar, saya mau les njait deh, biar hobi saya yang baru ini bisa dikomersilkan. saya bukan mata duitan lho, cuma mencari kesempatan bagus untuk menyambung hidup yang semakin sulit dipertahankan. kekeke... (ngelesmu wi lho dis..dis..)

kumpulan alat jahit yang biasa saya gunakan (lebih tepat kadang say gunakan, soalnya saya juga enggak sering-sering amat menjahit)



pola boneka jahe yang rencana akan saya gunakan untuk gantungan  kunci. tapi sudah terbengkalai berbulan-bulan

kertas-kertas yang saya manfaatkan untuk membuat kartu ucapan


nih, saya suka bukunya. hanya dengan modal lem dan kertas kado bermotif vintage yang sayangnya sekarang sudah sulit ditemukan.

semacam taman bunga dari kertas yang saya tempel di dinding kamar.agar tidak terasa sepi

   
INI MASTERPIECE NYaaaa....!!!!


sekian posting ini saya buat, semoga menghibur atau memberi motivasi. terima kasih *tekluk* ngantukk...

Let's Make A New Step New





this is a step

list topik untuk blog

saya sedang memiliki banyak ide namun malas merealisasikannya. beberapa ide yang (mungkin) akan segera saya tulis ulasannya:

1. vintage
2. menjahit
3. skripsi
4. she and him
5. mawar dan klasik
6. komunikasi

KERETA

dulu, ketika saya masih senang membaca novel, saya sering mendapati bahwa kereta menjadi tempat yang paling sering menjadi tempat pelarian kala si tokoh mengalami masalah percintaan. lalu saya lihat juga dalam film drama, adegan merenung dalam kereta hampir selalu ada ketika pasangan yang menjadi fokus utama cerita film tersebut juga mengalami masalah. kereta selalu menjadi tempat untuk menumpahkan angan tentang kerinduan, kepenatan, kekosongan, penantian, dan perpisahan.


sejak saat itu, sejak saya banyak melihat tentang kereta dan kegalauan, saya menjadi berharap, suatu saat perjalanan saya pun akan terekam melalui jendela kereta. tempat dimana para tokoh novel maupun film biasa menelan, merasakan, bahkan menghempaskan semua pikiran dan otak yang meracau.


kereta dan jendelanya menjadikan saya terobsesi akan lamunan dan tatapan jauh yang kosong namun memenuhi otak kanan. perasaan ketika mata yang kosong justru menyerap pemandangan yang luas. mata yang kemudian menjadi nanar ketika otak kanan bekerja mengingat dan seakan ingin menggapai hal-hal jauh yang seperti membayang. ketika otak mengendalikan mata untuk menatap, tangan untuk menggenggam kekosongan, dan kepala yang lunglai d kursi yang empuk. lalu yang muncul menjadi kesedihan atas perpisahan atau harapan atas penantian.


semuanya hanya melalui kereta dan jendelanya.


saya pun akhirnya dapat merasakan itu semua. melalui jasa sebuah kereta yang menghubungkanku dengannya. melalui sebuah kereta bernama prameks. kereta ini kereta yang tidak biasa. kereta yang kalah jauh rutenya dengan berbagai kereta lain yang menghubungkan kota-kota di pulau jawa. prameks mungkin hanya sekedar kereta. sebagaimana kereta lainnya. tapi bagi saya dan pasti saya yakin begitu banyak penumpangnya, kereta ini telah berhasil membawa asa tentang penantian, dan perpisahan.

to be continued >>

Followers