September 26, 2011

AT HOME

HEIMA. means at home.

from: http://2.bp.blogspot.com/

at home itu menurut saya adalah berada di sebuah tempat yang menganggap diri saya keluarga dan saya nyaman dengan itu. disana ada orang-orang dan barang-barang yang membuat saya merasa ada di dunia saya sendiri, bukan menjadi bagian dari orang lain.


nyaman, hangat, dan saya bisa menjadi diri saya sendiri dimanapun bagian tempat itu.

adalah Heima.  sebuah film dokumenter yang secara garis besar menceritakan tentang arti dari sebuah rumah.apa arti sebuah rumah. film ini berdurasi tidak lebih dari dua jam. bukan film yang lama, dan secara eksplisit menceritakan rangkaian tour sebuah band asal Islandia di negara mereka sendiri. band ini bernama Sigur Ros.inilah mengapa kemudian film ini berjudul Heima.

Heima. beberapa rangkaian tour yang hangat dan sangat hommies menjadi bagian dari skenario film ini. juga berbagai bagian Islandia yang khas . tanah, tundra, dan air gletser menjadi danau dan sungai yang begitu melimpah.


from: http://racsoledger.blogspot.com/2010/09/racso-decade-in-review-88-heima.html

keunikan dari film ini mungkin adalah bahwa dia mampu mengingatkan kembali penontonnya mengenai makna rumah bagaimana merasakan berada di rumah. yang bagi Sigur Ros adalah monumen penting. entah sebuah tanah lapang, entah bangunan-bangungan tua, kompleks pemakaman tua,  dan sebuah jalan di atas sebuah sungai yang besar.

from: http://been-seen.com/archive/2090.jpg


heima mungkin hanya sebuah fil dokumenter. namun, film ini juga menyadarkan saya pribadi untuk menghargai "rumah" saya. sebuah bangsa besar yang memiliki begitu banyak panorama alam yang spektakuler, indah, dan memiliki berbagai budaya. menunjukkan kepada saya bagaimana cara mensyukuri segala di sekitar saya karena itulah rumah saya. tempat dimana saya paling bisa diterima. tempat dimana saya tidak takut untuk "ditelanjangi" dan bahkan "telanjang" dengan kemauan sendiri.

jika anda belum menonton film ini, saya memberi saran untuk segera menontonnya. nikmati musiknya. resapi gambar yang membawanya. dan temukan keselarasannya. maka mungkin akan mudah bagi anda untuk menemukan rumah yang selama ini masih anda semukan keberadaannya.


sekian.

No comments :

Post a Comment

Followers